Home » , , , , » Fasilitas Penerbitan Mer-C Publishing

Fasilitas Penerbitan Mer-C Publishing

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih untuk kepercayaan para penulis kepada penerbit Mer-C Publishing. Kami memulai penerbitan ini sejak pertengahan tahun 2015 dan saat ini sudah banyak buku kami terbitkan. Dalam rangka penerbitan itu, kami menyediakan 3 jalur penerbitan yaitu jalur penerbitan reguler alias penerbitan mayor, jalur indie penerbitan Indie, dan jalur kerja sama.

Penerbitan Mayor
Untuk jalur penerbitan mayor, ada dua tahap seleksi yang kami buat yaitu seleksi kwalitas dan seleksi marketing. Seleksi kwalitas merupakan seleksi yang dibuat oleh tim Mer-C Publishing. Dalam hal ini kami melihat materi naskah dan tingkat kepentingan untuk pembaca. Untuk seleksi tahap pertama ini, kami butuhkan waktu setidaknya 3 bulan sejak naskah diajukan. Seleksi kedua adalah seleksi marketing. Seleksi marketing kami buat dengan kerja sama dari pihak toko buku maupun dari pihak distributor. Bila tahap kedua ini lolos dan buku memiliki prospek marketing yang bagus, maka kami akan menginvestasikan dana untuk distribusi buku ini. Dalam jalur ini, penulis tidak perlu mengeluarkan uang (kecuali cetakan dummy sebanyak 6 eksemplar) dan tinggal menunggu royalti dari hasil penjualan. Seleksi kedua juga membutuhkan waktu sekitar 3 bulan. Jadi setidaknya dibutuhkan waktu 6 bulan untuk bisa terbit dalam jalur reguler.

Penerbitan Mandiri/Indie
Untuk jalur penerbitan mandiri maka penulis tidak perlu menunggu waktu yang lama. Hanya saja penulis mau tidak mau harus mengeluarkan beaya. Baik beaya cetak maupun keuntungan yang didapatkan, semuanya Penulis yang menanggungnya. Ada 4 macam penerbitan mandiri yang kami tawarkan dan masing-masing dengan fasilitas yang berbeda. Semua penerbitan ini kami berikan layanan gratis untuk layout naskah dan desain cover.

Pertama Paket 300.000
Dengan paket ini, penulis sudah bisa mendapatkan 10 buku terbit. Maksimal 100 halaman dan dicetak dengan HVS, bukan bookpaper. Fasilitas yang didapatkan adalah penulis bisa mendapatkan ISBN dan untuk ini, penulis melalui penerbit harus mengirimkan 2 eksemplar buku ke perpustakaan nasional. Buku akan kami cetak dengan cetakan maksimal hanya saja tidak kami berikan shrink atau plastik pembungkus. Penulis juga bisa memilih opsi kedua untuk mendapatkan lengkap 10 buku namun tanpa ISBN.

Kedua Cetak di bawah 30 eksemplar
Sebagai jalur penerbitan mandiri, kami juga melayani cetak di bawah 30 eksemplar. Hanya saja ini tidak kami anjurkan karena beaya cetaknya menjadi jauh lebih mahal. Untuk cetakan dengan HVS bisa 40% lebih murah dibandingkan cetak dengan bookpaper. Kami juga mencetak dengan kwalitas maksimal untuk penerbitan di bawah 30 eksemplar ini. Hanya saja kami tidak memberikan shrink atau pembungkus plastik pada buku anda.

Ketiga Penerbitan Minimal 30 eksemplar
Sebenarnya, penerbitan kami yang murah adalah minimal 100 eksemplar. Namun demikian, kami juga melayani penerbitan dengan jumlah 30 eksemplar. Dengan jumlah minimal ini, dengan harga yang jauh lebih murah daripada penerbitan di bawah 30 eksemplar, kami memberikan juga shrink untuk buku anda. Sebagai perbandingan harga:
untuk buku novel misalnya, dengan spesifikasi cetakan bookpaper, ketebalan 120 halaman untuk cetak di bawah 30 eksemplar harganya 50.000 rupiah per eksemplar bukunya tanpa shrink. Sedangkan cetak 30 eksemplar harganya 27.000 per eksemplar sudah mendapatkan shrink. Sedangkan cetak 100 eksemplar harganya 23.000 per eksemplar (nego).
Jauh berbeda bukan, harganya? Tapi ya semua kembali kami tawarkan ke anda.

Keempat Penerbitan dengan spesifikasi khusus
Harga murah yang kami tawarkan adalah cetakan buku dengan HVS 70 gr atau dengan Bookpaper 65gr. Keduanya harganya kami samakan. Dengan spesifikasi tersebut, buku-buku sudah bisa masuk ke toko buku. Namun demikian, kadang kala penulis juga menginginkan untuk penerbitan dengan spesifikasi khusus. Misalnya saja, ingin kertas yang lebih tebal. Atau ingin cover yang eksklusif dengan huruf atau gambar timbul. Atau ingin agar cetakannya dengan halaman warna. Nah, untuk ini kami juga melayani dengan harga spesial. Tetap murah di kelasnya dibandingkan dengan penerbit lain.

Penerbit Mandiri Terdistribusi di Toko Buku
Penerbitan mandiri atau indie juga bisa masuk ke toko buku. Cetak minimal untuk distribusi ke toko buku adalah 1.000 eksemplar. Namun demikian, kami tidak ingin serta merta mencetak bukunya. Sebaiknya penulis mempertimbangkan juga masukan dari toko buku dan kami akan menawarkan terlebih dahulu ke toko buku. Jumlah cetakan disesuaikan dengan permintaan toko buku. Waktu penawaran sekitar 1 minggu. Jadi kalau misalnya penulis ingin mendistribusikan buku sebanyak 1.500 buku, penulis sebaiknya mencetak dulu 10 buku, yang 4 untuk dilihat penulis sedangkan yang 6 untuk dummy ke toko-toko buku. Setelah itu, toko buku akan mengorder kepada penerbit jumlah bukunya. Baru kemudian kita cetak dan distribusikan ke toko-toko buku. Terutama untuk Gramedia, seleksinya cukup ketat. Tapi kalau toko buku Gramedia bisa lolos seleksi, toko buku yang lain bisa masuk dengan lebih mudah.
Apa untungnya dengan penerbitan Mandiri ini? penulis berhak secara penuh untuk menentukan harga dan juga keuntungan yang didapatkan.

Paket Kerja Sama   
Paket Kerja Sama adalah paket penerbitan 'patungan'. Artinya penulis dan penerbit bekerja sama dalam hal permodalan untuk buku-buku yang didistribusikan. Ada dua macam kerja sama yang kami tawarkan: Pertama untuk dunia pendidikan kami bisa menyediakan penerbitan yang dibutuhkan tanpa penulis membayar beaya penerbitan. Dengan catatan, buku didistribusikan kepada peserta didik.  Beaya cetak akan ditanggung penerbit sesuai dengan kebutuhan. Kelebihan dari penerbitan ini adalah bahwa peserta didik bisa mendapatkan bahan pembelajaran yang jauh lebih murah dibandingkan bila harus mendapatkannya di toko buku. Dan pendidik bisa mendapatkan kredit point dari buku karyanya. Sebagai perbandingan, buku dengan ketebalan 200 halaman di toko buku harga berkisar antara 70.000 sampai 100.000. Sedangkan melalui penerbitan kami, buku bisa didapatkan dengan harga 30.000-60.000.
Kedua paket kerja sama untuk umum. Jadi kalau buku sudah lolos seleksi ke toko-toko buku, penulis yang dananya terbatas bisa bekerja sama dengan penerbit. Maka beaya ditanggung 50% oleh penerbit dan 50% oleh penulis. Keuntungannya, Penulis tetap mendapatkan 50% dari keuntungan. Bila dibandingkan dengan sistem mayor, keuntungan ini sudah jauh lebih tinggi.

Demikian Informasi tentang Penerbitan Mer-C Publishing. Semoga bermanfaat.


0 komentar: