Home » , , , » Pemasaran Buku Mer-C Media

Pemasaran Buku Mer-C Media


Para penulis biasanya memiliki dua macam tujuan untuk menerbitkan bukunya. Pertama jelas ingin sekedar mengkoleksi buku karya sendiri dan ingin dibagikan secara terbatas dengan rekan-rekan dan sahabatnya. Dalam  hal ini, kami sangat menghargai kreativitas semacam itu dan tentu saja kami bersedia memfasilitasinya sejauh tidak bertentangan dengan visi kami yang ingin mengedepankan humanisme dalam penerbitan buku. Jadi, jangan sampai buku yang kami terbitkan mengandung unsur provokasi SARA maupun mengandung unsur pornografi. Sejauh para penulis menginginkan penerbitannya secara mandiri, atau melalui jalur penerbitan indie hal ini masih memungkinkan. Kami melayani cetak buku berapapun, bahkan 1 eksemplar. Namun, untuk hal ini jelas kami tidak akan melayani pengajuan ISBN.
Selain itu, harap dicatat bahwa kami tidak melayani POD, kecuali atas permintaan penulis. Dengan demikian, memasang judul dan juga cover buku di halaman website kami, bukan untuk promosi penjualan buku terkait.
Kami melayani pengajuan ijin untuk ISBN dengan jumlah minimal 10 eksemplar. Jumlah ini, sejumlah 10-100 eksemplar kami mengenakan beaya untuk jasa pengajuan ISBN. Selebihnya kami membebaskan para penulis yang mau bekerja sama untuk pengajuan ISBN. Harga-harga yang kami tawarkan sudah sangat murah.
Kedua adalah pemasaran buku melalui toko buku rekanan Mer-C Publishing dan juga toko buku rekanan penulis sendiri. Kami harap, para penulis dengan idealismenya masing-masing sudah memiliki gambaran untuk target pasarnya. dengan demikian kita bisa menentukan oplah dan jumlah buku yang mau dipasarkan. Dalam jumlah yang sangat terbatas, kami bisa mendistribusikan buku dalam skala kecil, minimal 300 eksemplar ke toko-toko buku non Gramedia. Ada dua macam distribusi yang kami tawarkan, pertama kerja sama dengan distributor dan yang kedua kami distribusikan langsung ke toko buku. Kami, penerbit hanya bisa mendistribusikan buku untuk jangkauan Jabodetabek. Sedangkan bila dengan distributor untuk 300 eksemplar sudah cuku merata untuk pulau Jawa.
Perbedaannya ada pada harga. Bila dengan atau melalui distributor maka uang rabat untuk distributor (termasuk untuk toko bukunya) sebesar 56%. Selebihnya 44% adalah hak penulis setelah membayar pajak penghasilan. Ini sudah sangat besar dibandingkan nanti dengan model royalti. Sedangkan kalau distribusi melalui penerbit ke toko-toko buku rekanan penerbit, 40% untuk toko buku, selebihnya 60% untuk penulis. Tentu harus dikurangi pajak dan juga ongkos kirim. Tapi ini sudah sangat besar.
Yang paling bagus dan menggiurkan tentu saja bila penulis bisa memasarkan sendiri buku-bukunya. Baik modal maupun keuntungan bisa diperhitungkan sendiri oleh penulis. Keuntungan menjual buku di luar toko buku adalah bahwa harga bisa separuh lebih murah dan keuntungan finansial sudah berlipat-lipat untuk penulis.
Sementara itu, kami yang juga melayani penerbitan mayor memberikan royalti kepada penulis sebesar 10% dari keuntungan. Proses yang kami lakukan sebenarnya tidak terlalu lama, sejauh sesuai dengan keinginan kami maka tulisan akan segera kami proses sebagai sebuah buku. Kami akan mengadakan tes pasar dulu selama 2 bulan dengan jumlah cetakan relatif kecil yang akan kami beritahukan kepada penulis untuk kemudian menghitung-hitung keuntungannya dan royalti yang mungkin didapat. Setelah itu, pada tahap kedua kami akan mendistribusikan buku secara lebih besar kalau memang itu sesuai dengan kebutuhan masyarakat luas.

0 komentar: