Home » » On Process: Menjadi Guru Betulan

On Process: Menjadi Guru Betulan

Semestinya menjadi guru merupakan panggilan jiwa, bukan keterpaksaan maupun jalan terakhir dalam mencari pekerjaan. Guru secara langsung membentuk masa depan sebuah bangsa, dari hati dan pikiran guru melahirkan hati dan pikiran negeri ini di depan nanti. Untuk itu dari hati guru yang penuh dengan nilai-nilai kebaikan akan lahir generasi yang baik, dan dari pikiran cerdas berwawasan luas seorang guru akan melahirkan generasi berkualitas.
Guru betulan lahir karena hati dan pikirannya guru, bukan seorang pedagang yang menghitung laba rugi, bukan kontraktor yang berpikir tentang proyek bangunan, bahkan bukan pegawai rutin yang bekerja pagi pulang sore mengerjakan setumpuk pekerjaan atau sekadar baca Koran saja. Guru betulan bekerja dengan pikiran, perasaan, perkataan, tindak laku menjadi teladan bagi siswa-siswanya. Kesalahan berpikir, berperasaan, berkata, dan bertindak akan menjadi contoh buruk yang melahirkan hasil didikan yang buruk.
Demikian fundamental peran guru, sudah seharusnya guru membekali diri dengan berbagai kemampuan dan keterampilan yang akan menunjang keberhasilannya dalam menjalankan amanah sebagai guru.
Buku ini menyajikan beragam kemampuan dan keterampilan yang diharapkan akan menyempurnakan peran guru dalam menjalankan tugas hariannya di sekolah. Kemampuan dan keterampilan yang dimaksud adalah pemahaman tentang sosok guru ideal (betulan), karakteritik siswa dan beragam metodologi pembelajaran.
Akhir kata, penulis menyampaikan penghargaan kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya buku ini, juga penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sumber tulisannya dimuat dalam buku ini, baik dari buku, koran, majalah, jurnal, tabloid, hingga internet. Semoga kehadiran buku ini dapat bermanfaat bagi pendidikan di Indonesia.

0 komentar: