Home » , » Berkarya Amal Dengan Buku

Berkarya Amal Dengan Buku

Catatan Awal...

Artikel ini bukan dimaksudkan untuk 'riya'
Artikel ini juga bukanlah sebuah iklan...

Artikel ini diharapkan bisa memberi inspirasi kepada penulis... bahwa dengan karya mereka mereka dapat memberikan amalan sosial yang dalam bahasa agamanya tabungan surga... itulah sebabnya, tulisan ini bukan pertama-tama apa yang sudah dibuat oleh penerbit Mer-C Publishing. Memang ada sebagian keterlibatan Mer-C Publishing, namun ini hanya bagian dari sharing saja...

Pertama, beberapa waktu lalu, lebih dari 6 bulan yang lalu ada proposal pengajuan untuk bantuan buku bacaan dari sebuah taman baca. Dan waktu itulah kami terpikir untuk membuat jaringan yang bisa menyumbangkan sebagian karyanya kepada taman-taman bacaan. Kami menghubungi beberapa penulis, untuk sekedar ijin bahwa bukunya kami cetak dengan jumlah yang lebih untuk dibagikan secara gratis kepada taman-taman bacaan. Mengingat kami sebenarnya berbasis pada tulisan-tulisan untuk pendidikan tinggi, maka proses ini rupanya tidak terlalu mudah. taman bacaan umumnya adalah untuk anak-anak usia sekolah menengah pertama dan atas ke bawah. Hampir tidak mungkin diberikan buku-buku kuliah.
Akhirnya, dengan sedikit koordinasi dengan beberapa penerbit dan percetakan rekanan, kami bisa juga berbagi dengan beberapa taman bacaan. Kami bersyukur dengan pengalaman tersebut.

Pada kesempatan berikutnya, kami dipercaya juga untuk menerbitkan sebuah novel yang memang sudah ditargetkan sebagai buku yang sebagian hasilnya akan disumbangkan ke sebuah yayasan. Saya sebutkan saja bukunya, Kado Untuk Jingglang. Kado ulang tahun buku yang sangat inspiratif tersebut sebagian dari keuntungannya akan didonasikan untuk lembaga sosial. Itulah sebabnya, buku itu lekas terjual bahkan sebelum dilaunching. Kami menyadari benar, baik penulis maupun penerbit, bahwa buku ini untuk karya amal. Itulah sebabnya, penerbitan kami yang sudah sangat murah ini kemudian harga tetap kami turunkan besar-besaran.
Kesempatan yang juga tidak terduga adalah ketika penerbit salah cetak. Maka buku tersebut kami sumbangkan untuk sebuah kampus, di perpustakaan. Dan kami tidak menuliskan bahwa itu sumbangan dari kami. Berbekal kepercayaan, kami berharap buku tersebut akan dibaca oleh sebanyak mungkin generasi penerus bangsa ini.

Hal inilah yang juga dibuat oleh beberapa penerbit yang punya kesadaran sosial tinggi untuk bisa berbagi dengan mereka yang membutuhkan. Pada hemat kami, karya karya sosial ini memang pertama-tama untuk karya sosial. Bukan iklan dengan karya sosial, mengingat apa yang telah dibuat oleh penerbit tidak meletakkan beban di punggung penulis, misalnya beban beaya, atau mengharapkan bahwa mereka yang menerima ini akan mempublikasikan tulisan melalui kami. Juga begini, hal tersebut kami sadari tidak akan membuat penerbitan kami menjadi besar.
Orientasi pertama memang untuk karya sosial, itu saja. Dan sebagai inspirasi untuk kita semua begini, bahwa sekecil apapun karya kita, jangan pernah merasa sia-sia. Senantiasa ada kesempatan untuk berbagi. Senantiasa ada kesempatan untuk menabung surga. Terima kasih untuk penulis-penulis yang dengan besar hati mengijinkan tulisannya kami bagikan tanpa royalti kepada mereka.

0 komentar: