Home » , » Manfaatkan Teknologi POD

Manfaatkan Teknologi POD

Dulu mungkin kita tidak membayangkan bahwa penerbitan bisa dengan eksemplar yang kecil. Katakanlah di bawah 100 eksemplar. Dulu, untuk mencetak buku berkwalitas dengan eksemplar yang sedikit semacam itu, tentu saja biayanya sangat mahal. Paling mungkin hanya dengan kwalitas fotocopy. Sekarang dengan digitalisasi di semua lini penerbitan dan percetakan segala sesuatunya jadi lebih murah. Hal ini biasanya dikenal dengan POD atau print on demand. Buku baru dicetak ketika ada pesanan. Menariknya, kwalitasnya tidak kalah bagus dengan penerbitan offset jaman dulu. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para penerbit yang sudah mapan pada umumnya. Tentu saja mereka harus bisa membranding dan membuat perbedaan dengan hasil cetakan yang POD.
Kalau anda pergi ke toko buku, inovasi itu akan sangat terasa. Termasuk di dalamnya ketika mereka mencoba untuk meningkatkan kwalitas buku mulai dari hard cover, jenis kertas yang lux, sampai pada penjilidan yang luar biasa prima. Dalam hal inilah kemudian POD masih tertinggal dibandingkan dengan penerbit besar.
Salah satu kehandalan POD adalah proses kerja yang cepat. Karena prosesnya tanpa melalui pembuatan film, mounting, plat, laiknya cetak offset. Kehadiran POD bisa disamakan dengan maraknya kehadiran produk printer di pasaran. Dengan adanya printer, banyak pekerjaan yang dulunya mengandalkan mesin offset bisa tergantikan.
Cara kerja POD sesimpel kita mengoperasikan komputer yang disertai printer. Setelah data siap, maka langsung di cetak saja. Apakah ngeprint yang sering dilakukan di rumah itu termasuk POD? Kalau dilihat dari cara kerjanya memang iya. Tapi untuk perangkat kerjanya masih belum. Karena mesin cetak POD yang cukup tangguh berkisar 2 miliar/unitnya.
Dalam riset kecil-kecilan, ternyata banyak sekali jasa cetak buku menggunakan teknologi POD yang ditawarkan melalui internet. Ada yang gratis dan ada juga yang harus mengganti biaya layout dan pengurusan ISBN.
Lantas bagaimana cara transaksi buku POD? Sistem kerja POD adalah, buku baru dicetak bila ada pembeli. Umumnya, penyedia jasa cetak buku POD melengkapi diri dengan toko buku online (TBO). Di TBO, Sampul-sampul buku akan dipajang. Saat ada yang melakukan pemesanan, saat itulah buku langsung dicetak dengan waktu relatif cepat.

Lantas apa yang ditawarkan oleh Mer-C Publishing? Yang jelas kami menjembatani dua jurang yang masih ada. Untuk penerbitan mandiri atau penerbitan indie, kami tidak sepenuhnya POD. Kami selalu meminta penulis untuk membuat suply karyanya dalam bentuk buku. Sebaliknya, untuk penerbitan reguler atau mayor, kami tidak segan-segan bekerja sama dengan penerbit berkwalitas dalam rangka memperbaiki buku yang kami nilai berkwalitas.

0 komentar: