Home » » Jenis Kertas Isi dan Sampul

Jenis Kertas Isi dan Sampul

Jenis Kertas yang akan dicetak untuk buku dalam penerbitan kami ada dua pilihan kertas:
- Kertas HVS: Kertas warna putih, karenanya kertas HVS sering digunakan untuk isi buku tulis, buku teks, kop surat dan produk cetakan lainnya.
- Kertas book paper/novel:  kertas berwarna kecoklatan, lebih ringan daripada kertas HVS, dan banyak digunakan untuk buku-buku import atau buku-buku novel terbaru.

Sedangkan untuk sampul kami sediakan pilihan
Art Paper 
Kunsdruk atau kebanyakan orang lebih mengenal dengan sebutan Art Paper, merupakan kebalikan dari kertas HVS. Permukaan kertas ini licin dan mengkilap pada kedua sisinya. Tetapi kertas jenis ini kurang bagus untuk kegiatan tulis menulis. Hal ini dikarenakan kertas ini mempunyai daya serap yang rendah sehingga tinta agak sulit mengering. Kertas ini banyak digunakan untuk mencetak Brosur, Flyer, Company Profile, Annual Report, Cover Buku, Cover Majalah, Kalender dll. Dengan gramatur yang bervariasi mulai 100 gsm, 120 gsm dan 150 gsm.

Ivory
Merupakan jenis kertas dengan ciri yang hampir sama dengan Art Carton. 2 sisinya putih hanya tidak seputih art carton. Yang membedakan di sini adalah pada permukaan Ivory hanya ada 1 sisi yang licin. Banyak digunakan sebagai packaging kosmetik. Gramatur yang beredar di pasaran berkisar 170 gsm, 190 gsm, 210 gsm, 230 gsm dan 260 gsm. Kertas ini umum digunakan dalam penyampulan buku.

Untuk Finishing touchnya kami sediakan 2 macam laminasi, doff dan glossy.
Laminasi Doff:  Adalah laminasi yang memiliki karakter tidak mengkilap. Biasanya sering dipakai untuk laminasi undangan pernikahan. Juga sering dipakai untuk melaminasi Cover buku, Majalah dan Leafleat. Kertas cetakan yang sudah dilaminasi akan memiliki kesan yang sangat berbeda dibandingkan yang tidak dilaminasi doff. Kesan Ekslusif akan sangat tampak setelah dilaminasi doff.
Laminasi Glossy: Adalah Laminasi yang memiliki karakter kebalikan dari laminasi doff, yaitu memiliki karakter Mengkilap. Selain mengkilap, kertas yang sudah dilaminasi akan memiliki permukaan yang licin.

0 komentar: